Siaran Pers
Profil Sukses
Mencetak Pengusaha Muda dan Tangguh

Selasa, 26 Januari 2010
Mereka bukan hendak menikmati sebuah konser musik, tetapi sedang mengikuti workshop wirausaha yang digelar oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Ini adalah puncak acara serupa di sembilan kota sepanjang 2009, sekaligus ajang Penghargaan Wirausaha Mandiri yang diikuti oleh 1.706 pengusaha muda dari 200 perguruan tinggi diseluruh Indonesia. Workshop menampilkan pembicara Sudhamek AWS, Chief Executive Officer Garudafood, perusahaan makanan yang dikenal inovatif mengembangkan produk. Pada sesi berikutnya tampil Mira Lesmana (produser) dan Andrea Hirata (novelis) membawakan tema wirausaha kreatif. Para workshop-workshop di berbagai kota sebelumnya -- dihadiri mahasiswa dari 125 perguruan tinggi-- juga diisi dengan sesi sharing dari para pengusaha sukses seperti Ciputra, Fransiskus Welirang dan Anne Avantie maupun para alumni Wirausaha Mandiri.

Tujuan kegiatan ini adalah mengubah cara berpikir (mindset) generasi muda dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja. Antusiasme para mahasiswa dalam menggali ilmu kewirausahaan ini memang luar biasa, tampak dari usaha mendapatkan rahasia sukses para narasumber. Apalagi di Assembly Hall JCC yang lain juga digelar Panggung Expo Wirausaha Mandiri, menampilkan 46 booth profil Wirausaha Mandiri (WM) 2007 & 2008, finalis WM 2009, Mitra Binaan Mandiri, dan 9 booth profil profesional. Dirut Bank Mandiri Agus Martowardojo mengatakan rangkaian acara yang digelar di Jakarta tersebut bertujuan membina para wirausahawan muda mandiri untuk sukses dan beretika. Program ini terbagi dari tiga kegiatan yakni pelatihan, pembinaan, dan promosi.

“Kegiatan seperti ini sudah sejak 2007, tetapi masih terbatas pada workshop dan penghargaan. Tahun ini kami rangkaikan dengan ekspo dan penyerahan modul kewirausahaan kepada perguruan tinggi,” tutur Agus. Wirausahawan terbaik Pada puncak acara penganugerahan penghargaan, akhirnya terpilih 12 Wirausaha Mandiri Terbaik. Para pemenang terbagi dalam dua kategori Mahasiswa Program Sarjana & Diploma serta Alumni & Pascasarjana. Masing-masing kategori dipilah dalam tiga bidang yakni jasa & industri, boga dan kreatif. Para pemenang terpilih setelah proses seleksi selama tiga bulan melalui pendaftaran di 9 titik pelaksanaan yakni Medan, Palembang, Bandung, Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makassar dan Denpasar. Penghargaan Wirausaha Mandiri diserahkan oleh Wakil Presiden Boediono didampingi oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Menteri Perikanan dan Kelautan Fadel Muhammad, dan Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal. Wapres juga menyerahkan modul kewirausahaan kepada rektor sejumlah perguruan tinggi seperti Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Sepuluh November dan Universitas Media Nusantara. Modul ini menjadi salah satu referensi mata kuliah kewirausahaan.

Boediono di depan para pemenang dan para mahasiswa yang sejak pagi menunggunya mengatakan kewirausahaan telah membawa manfaat yang luar biasa bagi masyarakat. Menurutnya kewirausahaan tidak sekedar diusahakan tetapi juga dididik. “Bank Mandiri konsisten menjalankan Corporate Social Responsibility. Pilihan mendukung kewirausahaan sangat tepat sasaran. Cara ini lebih fundamental dalam mendukung dan mendorong tunas muda sebagai tulang punggung perekonomian,” tutur Boediono. Menurutnya BUMN lain bisa meniru Bank Mandiri dalam menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan. Boediono meyakini semakin kuat wirausaha suatu bangsa maka makin kuat pula perekonomian yang pada akhirnya mempermudah tercapainya kemakmuran masyarakat.

Apa yang disampaikan wapres sejalan dengan temuan bahwa untuk menjadi negara makmur, suatu negara harus memiliki minimum 2% entrepreneur dari total penduduknya. Amerika Serikat, pada 2007 memiliki 11,5% entrepreneur, Singapura mencapai 7,2% entrepreneur pada 2005, sedangkan Indonesia baru 0,18%. Terkait dengan hal ini, Agus Martowardojo menegaskan Bank Mandiri berupaya turut berperan menumbuhkan kewirausahaan di Indonesia melalui Program Wirausaha Mandiri. “Sebab kita memerlukan paling tidak 4 juta wirausahawan, sepuluh kalilipat jumlahnya dari yang ada sekarang. 

Sumber : Bisnis Indonesia



Dr. Boediono, Hatta Rajasa dan pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2009

Untitled Document

Untitled Document

Arsip Berita

2013 Januari
Mei
Juli
Agustus
2012 Januari
Februari
April
Mei
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
2011 Januari
Mei
Juni
Juli
Agustus
Desember
2010 Januari